Meditasi

Meditasi mungkin didefinisikan sebagai memikirkan terus menerus atas sesuatu atau tentang sesuatu. Sedikit banyak, oleh karena itu siapapun yang memikirkan terus menerus atas sesuatu mungkin dapat dikatakan terlibat dengan suatu meditasi. Jika kita ingin menjadi sesuatu, kita harus meditasi terhadap keinginan tersebut dan tidak ada yang lainnya lagi. Oleh karena itu jika tujuan kita adalah mencapai kenyataan atau menginginkan hasil yang dicapai menjadi satu dengan yang Paling Besar, maka obyek dari meditasi haruslah yang Paling Besar tersebut dan tidak ada lainnya lagi.

Meditasi adalah suatu proses. Ini adalah suatu proses dimana kita menjalankannya guna mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai, yaitu suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya atau sudah dikodratkan. Meditasi adalah sebuah pelatihan yang menggunakan pikiran untuk tujuan mengatur pikiran dengan usaha kita. Meditasi adalah aktivitas yang paling penting, kalau kita intin membuat disiplin diri kita sendiri. Karena pada awalnya hal ini akan memungkinkan terjadinya disiplin mental, kemudian hal ini akan memungkinkan terjadinya disiplin fisik, mengatur kehidupan kita, memberi ketentraman di dalamnya, menghasilkan disiplin mental yang lebih besar dan lebih besar, menghasilkan dukungan terhadap dirimu sendiri, semacam perputaran yang menopang diri kita untuk membuat tujuan kita dapat dicapai. Oleh karena itu tanpa sedikit kedisiplinan tujuan tidak dapat dicapai. Jadi suatu tujuan memungkinkan untuk dicapai selama kita mempunyai kedisiplinan di dalam diri kita.

Jika tidak ada disiplin mental, disiplin fisik tidak dapat terjadi. Itulah mengapa kita meditasi. Untuk memperoleh pengaturan terhadap pikiran, membuatnya menjadi disiplin, membuatnya memungkinkan bagi kita untuk menggunakan pikiran kemanapun kita memilihnya, menggunakan pikiran, tidak menggunakan pikiran, menggunakan pikiran – dengan demikian mencapai 100 % kekuatan pikiran.

Membaca kemudian berpikir secara mendalam termasuk meditasi

Karena :

  • membaca kemudian memikirkan terus menerus atas sesuatu atau tentang sesuatu sama halnya dengan ketika melakukan meditasi.
  • Meditasi adalah suatu proses. Membaca kemudian berpikir secara mendalam juga termasuk sebuah proses.
  • Meditasi adalah sebuah pelatihan yang menggunakan pikiran untuk tujuan mengatur pikiran dengan usaha kita. Ketika kita membaca, kemudian kita berpikir secara mendalam mengenai hal tersebut, kita menggunakan pikiran kita dan berusaha mengatur pikiran kita untuk mengerti dan memahami serta terkadang mengkritik apa yang kita baca tersebut.
  • Membaca kemudian berpikir secara mendalam juga termasuk dalam kekuatan pikiran. Sama seperti ketika bermeditasi.

Maka, pantaslah jika dikatakan membaca kemudian berpikir secara mendalam termasuk dalam meditasi. Karena, meditasi bukan berarti hanya diam dan memerhatikan nafas, yoga, dll. Tapi, meditasi juga termasuk dalam kegiatan kegiatan positif lain yang menggunakan fokus pikiran dan hati.  Karena dalam bermeditasi, dapat digunakan berbagai objek untuk mendukung kegiatan  bermeditasi.

Advertisements